Pages

Jumat, 19 Maret 2010

Sikap Generasi Muda Terhadap Fungsi dan Peranan Bahasa Indonesia

Banggalah menjadi warga Negara Indonesia karena memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia yang mampu mendukung budaya bangsa, berkembang berkelanjutan dengan perkembangan ilmu pengetahuan karena tidak semua bangsa di dunia ini mempunyai bahasa nasional yang dipakai secara luas dan dijunjung tinggi. Adanya bahasa nasional yang dapat menyatukan berbagai suku bangsa yang berbeda merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sanggup mengatasi perbedaan yang ada. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang budaya dan bahasanya berbeda. Agar kepercayaan diri yang kuat dapat dibangun, ientitas diperlukan oleh sebuah Negara. Identitas sebuah bangsa bisa diwujudkan di antaranya melalui bahasanya. Dengan adanya sebuah bahasa yang mengatasi berbagai bahasa yang berbeda, suku-suku bangsa yang berbeda dapat mengidentikkan diri sebagai suku bangsa melalui bahasa tersebut. Sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa yang budaya dan bahasanya berbeda, bangsa Indonesia mengalami maslah besar dalam melangsungkan kehidupannya. Perbedaan dapat memecah belah bangsa ini. Dengan adanya bahasa Indonesia yang diakui seagai bahasa nasional oleh semua suku bangsa yang ada, perpecahan itu dapat dihindari karena suku-suku bangsa di Indonesia merasa satu. Kalau tidak ada bahasa Indonesia, bangsa Indonesia dengan keanekaragaman suku bangsa sakan menghadapi masalah perpecahan bangsa, terutama masalah komunikasi. Jadi banggalah memiliki bahasa Indonesia yang sudah berabad-abad dan sejak dulu.
Oleh karna itu kita sebagai generasi muda harus bangga terhadap bahasa yang digunakan Negara kita yaitu bahasa Indonesia, dan kita harus senantiasa menjaga fungsi dan peranan dari bahasa Indonesia, karna fungsi dari bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yaitu lambang kebanggaan bangsa, lambang identitas bangsa, alat pemersatu, alat penghubung antardaerah sedangkan peranannya adalah sebagai bahasa penghubung tingkat nasional. Untuk kepentingan pembangunan dan pemerintahan di tingkat nasional diperlukan sebuah bahasa sebagai alat perhubungan sehingga komunikasi tidak terhambat dan sebagai Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan sumber daya manusia yang relevan dengan perkembangan zaman. Karena itu, peningkatan pendidikan bahasa Indonesia di sekolah-sekolah perlu dilakukan melalui peningkatan kemampuan akademik para pengajarnya.
Maka sikap kita sebagai generasi muda terhadap fungsi dan peranan bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang sesuai dengan unsur-unsur yang berlaku serta menanamkan dalam hati bahwa kita cinta terhadap bahasa kita yaitu bahasa Indonesia Penanaman rasa cinta tanah air yang dimulai sejak dini bisa menjadi salah satu solusi menghadapi ‘krisis bahasa’ saat ini. Dari sekian banyaknya hal yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia, bahasa nasional adalah salah satunya. Tidak peduli agama apapun, suku apapun, ras apapun, kita merasa dipersatukan oleh bahasa yang sama, Bahasa Indonesia. Mengingat perannya yang begitu besar, sudah sepatutnya kita menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia, seperti yang tertuang dalam Sumpah Pemuda. Dan meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai masyarakat Indonesia asli.
Pustaka : google.diktat gunadarma b.indonesia

0 komentar:

Posting Komentar